Banner
Yayasan Pusdiklat PAL Belajar Mikrotik
Login Member
Username:
Password :
Statistik

Total Hits : 556845
Pengunjung : 120279
Hari ini : 94
Hits hari ini : 338
Member Online : 18
IP : 3.231.226.13
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

shevarif_7    
Agenda
01 June 2020
M
S
S
R
K
J
S
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11


Peserta
 didik Teknik Konstruksi Kapal Baja dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan sebagai seorang Fitter dan Drafter. Fitter merupakan seseorang yang melakukan pekerjaan perakitan ataupun penyetelan pada sebuah pekerjaan yang berhubungan dengan bahan logam. Dalam hal ini adalah bahan baja pada konstruksi kapal. Kompetensi dasar yang diberikan antara lain:

  • Konsep dasar perkapalan
  • Gambar teknik, dan
  • Dasar logam

Selanjutnya peserta didik akan diberikan kompetensi kejuruan antara lain :

  • Gambar konstruksi kapal baja
  • Gambar bukaan konstruksi kapal baja
  • Teknologi pembangunan konstruksi kapal baja
  • Pengelasan, dan
  • Pembuatan dan perakitan komponen konstruksi kapal baja

Peserta didik diharapkan dapat melakukan pekerjaan tahap produksi kapal sebagai seorang fitter sebagai berikut:

  • Fabrikasi

Merupakan tahap awal dari manufaktur. Proses penanganan pada material baja mulai dari straightening (pelurusan), marking (penandaan), cutting (pemotongan), dan forming (pembentukan). Pada tahap ini peserta didik akan dibekali kompetensi untuk bisa membaca gambar/design guna melakukan marking. Pemotongan oxy-acetelin juga digunakan dalam proses cutting. Pembentukan material dilakukan menggunakan mesin bending (tekuk) atau rolling.

  • Assembly

Merupakan proses penggabungan komponen-komponen fabrikasi menjadi sejumlah blok (part assembly). Pada proses ini, material/plat baja yang sudah dipotong dan dibentuk mulai dirakit menjadi sebuah blok/rakitan. Peserta didik diberi kompetensi pengelasan untuk merakit material/plat baja tersebut.

Selain fitter, peserta didik juga mampu untuk menjadi seorang drafter. Drafter berasal dari Bahasa inggris yang berarti juru gambar. Peserta didik akan dibekali 2 keahlian yang saling berkaitan yaitu keahlian menggambar (drawing) dan pemahaman mengenai apa yang digambar/pemahaman sistem.

Beberapa aspek yang dikuasai antara lain gambar teknik, pandangan gambar dan program desain. Program desain yang diajarkan adalah program AutoCad. Desain kapal/komponen rakitan yang dibuat digambar menggunakan AutoCad dalam bentuk 2D maupun 3D. Simbol-simbol dan penandaan pada gambar juga diajarkan untuk dapat memahami/membaca sebuah gambar/desain.