Login Member
Username:
Password :
Agenda
01 June 2020
M
S
S
R
K
J
S
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11

Sejarah SMK Teknik PAL: 

SMK Teknik PAL Surabaya adalah sekolah menengah kejuruan yang berada di bawah naungan Yayasan Pusdiklat PAL Indonesia, yang keberadaannya langsung terintegrasi dengan dunia industri, khususnya industri perkapalan, yaitu PT. PAL Indonesia (Persero). SMK Teknik PAL Surabaya berdiri pada tahun 2001 dengan empat program keahlian yang berada di dalamnya, yakni Teknik Kostruksi Kapal Baja, Teknik Pengelasan, Teknik Listrik Industri (sekarang Teknik Otomasi Industri) dan Teknik Perkayuan. Keempat program keahlian tersebut diharapkan dapat menunjang kebutuhan tenaga kerja yang ada di PT. PAL Indonesia (Persero).

Pada tahun 2008, SMK Teknik PAL Surabaya menambah dua program keahlian yakni Teknik Pemesinan dan Teknik Komputer dan Jaringan. Hal ini dilakukan karena dinilai semakin tingginya animo masyarakat terhadap dua program keahlian tersebut. Selain berdasarkan pertimbangan tersebut diharapkan dua program keahlian yang baru tersebut semakin menunjang kemajuan SMK Teknik PAL Surabaya.

Seiring dengan menurunnya animo masyarakat terhadap salah satu program keahlian yakni Teknik Perkayuan (jumlah siswa tidak memenuhi untuk menjadi kelas ideal), maka tahun 2010 adalah tahun terakhir SMK Teknik PAL Surabaya meluluskan siswa dari program keahlian Teknik Perkayuan. Sehingga sampai saat ini, ada lima program keahlian di SMK Teknik PAL Surabaya yang masih eksis, yakni Teknik Konstruksi Kapal Baja, Teknik Pengelasan, Teknik Otomasi Industri, Teknik Komputer dan Jaringan dan Teknik Pemesinan.

Meski berada di daerah terpencil dan jauh dari jangkauan masyarakat, namun SMK Teknik PAL Surabaya semakin mendapatkan kepercayaan dari masyarakat maupun dari pihak DU/DI. Hal ini terbukti dengan terlampauinya target perolehan peserta didik baru pada tahun ajaran 2015-2016 ini. Semula SMK Teknik PAL Surabaya mentargetkan 288 peserta didik tapi yang mendaftar 345 pendaftar dan yang dinyatakan diterima sejumlah 305 peserta didik. Kepercayaan dari pihak DU/DI juga semakin tampak dengan adanya perekrutan tenaga kerja dari perusahaan-perusahaan yang dilaksanakan di SMK Teknik PAL Surabaya, seperti PT. PAL Indonesia (Persero),PT. Wavin Tunas Utama, PT. Indospring, PT. Antika Raya, serta program pemagangan ke Jepang melalui PT. JIAEC. Membina hubungan dengan industri sangat kami kedepankan agar supaya para lulusan dapat mudah tersalurkan. Kami beritikad untuk bisa berperan dalam mengurangi angka pengangguran. Ditunjang dengan adanya SDM yang memadai dan berkualitas, SMK Teknik PAL Surababaya siap menghasilkan lulusan yang berani bersaing di Dunia Usaha dan Dunia Industri. [eat/hum-smktpal]