Surabaya, 7 Juli 2025 — Dalam rangka menyambut Tahun Pelajaran 2025/2026, SMK Teknik PAL Surabaya mengadakan kegiatan Workshop Persiapan KBM bertajuk “Implementasi Deep Learning untuk Reengenering SMK Teknik PAL Surabaya” pada hari Senin, 7 Juli 2025. Workshop ini dihadiri oleh seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) sebagai bagian dari langkah strategis sekolah dalam menghadapi tantangan pembelajaran di era digital dan revolusi industri 5.0.

Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen sekolah untuk melakukan reengenering atau rekayasa ulang sistem pembelajaran, guna memastikan bahwa proses KBM yang akan dimulai pada tahun ajaran baru dapat mengintegrasikan teknologi canggih seperti Deep Learning ke dalam kurikulum dan praktik pembelajaran.

Hadir sebagai narasumber utama dalam kegiatan ini adalah Dra. Anastasia Moertodjo, MT., Pengawas Pembina SMK, Cabang Dinas Pendidikan Kota Surabaya Wilayah Sidoarjo Jawa Timur. Dalam pemaparannya, beliau menyampaikan pentingnya kesiapan guru dalam menghadapi perubahan paradigma pendidikan yang kini semakin bergantung pada kecerdasan buatan (AI), terutama dalam konteks pendidikan vokasi.

“Reengenering bukan sekadar perubahan metode, tapi perubahan mindset. Deep Learning bukan hanya milik dunia industri, tetapi sudah harus menjadi bagian dari dunia pendidikan, khususnya SMK,” tegas Dra. Anastasia dalam sesi materi.
Workshop ini juga membahas implementasi Deep Learning dalam konteks pembelajaran teknik, mulai dari dasar-dasar neural network, penggunaan algoritma pembelajaran mesin, hingga studi kasus penerapan AI dalam bidang manufaktur dan rekayasa industri.
Kepala SMK Teknik PAL Surabaya, Bapak Eko Agus Triswanto, S.Pd., S.Si., dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari strategi besar sekolah dalam melakukan transformasi digital dan menyesuaikan kompetensi guru dengan kebutuhan industri masa depan.
“Kami ingin menciptakan ekosistem pembelajaran yang tidak hanya adaptif, tetapi juga progresif. Melalui workshop ini, para guru diharapkan mampu menyusun strategi KBM yang relevan dan futuristik,” ujarnya.
Antusiasme peserta terlihat dari keterlibatan aktif dalam diskusi, tanya jawab, serta kegiatan praktik yang diberikan oleh narasumber. Para guru juga didorong untuk mulai menyusun modul pembelajaran yang terintegrasi dengan teknologi Deep Learning untuk diterapkan pada tahun pelajaran 2025/2026.





Dengan terselenggaranya kegiatan ini, SMK Teknik PAL Surabaya menegaskan perannya sebagai sekolah vokasi yang berorientasi masa depan, siap melahirkan lulusan yang tak hanya kompeten secara teknis, tetapi juga melek teknologi dan inovatif.



Oleh : Eko Agus Triswanto, S.Pd.,S.Si., Kepala SMK Teknik PAL Surabaya










